Piagam Audit Intern

1. Umum.

Piagam Audit Intern dibentuk atas dasasr Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Intern Bank (SPFAIB) Bank indonesia, Bab III, Pasal 5 ayat 5.1. serta Standards for the Professional Practice of Internal Audigin, The Institute of Internal Auditors, Attribute Standard-1000.

Tujuan dibuatnya Piagam Audit Intern adalah untuk menegaskan maksud dan tujuan organisasi Divisi Audit Intern (DAI), ruang lingkup tugas, kewenangan serta tanggung jawab organisasi DAI PT. Bank Yudha Bhakti.

 

2. Visi dan Misi.

2.1. Visi

Menjadi Audit Intern Yang Memiliki Standar Kualitas Yang Baik.

2.2. Misi

Memberikan Pelayanan Audit Intern Independen Yang Berkualitas dan bernilai Tambah Dalam Rangka Pencapaian Visi dan Misi Bank.

 

3. Kedudukan.

Didalam Organisasi PT. Bank Yudha Bhakti, DAI merupakan fungsi staf yang bertugas membantu Direktur Utama dalam melaksanakan pemeriksaan intern dilingkungan PT. Bank Yudha Bhakti.

Kepala DAI diangkat dan diberhentikan oleh Direksi dengan persetujuan Dewan Komisaris dan dilaporkan ke Bank Indonesia.

 

4. Fungsi dan Ruang Lingkup Tugas

Fungsi DAI adalah memberikan jasa assurance dan consulting yang independen dan objektif guna memberikan nilai tambah dan perbaikan operasional bank. DAI membantu bank dalam mencapai tujuannya melalui penggunaan metode yang sistematis dalam mengevaluasi dan meningkatkan efektifitas risk management, control dan governance processes.

DAI akan menjaga, meningkatkan dan menciptakan nilai tambah bagi stakholders melalui penyelarasan aktivitas pengawasan internal dengan kegiatan usaha bank, dengan target utama adalah untuk meyakinkan bahwa:

  1. Risiko telah teridentifikasi dan dikelola secara tepat.
  2. informasi penting keuangan, manajerial dan operasional telah disajikan secara akurat, handal dan tepat waktu.
  3. Seluruh aktivitas bank telah sesuai dengan kebijakan, standar, prosedur serta peraturan dan/atau perundang-undangan yang berlaku.
  4. Program-program, rencana-rencana dan tujuan-tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien.
  5. Kualitas dan perbaikan yang berkesinambungan selalu terpelihara dengan tetap memperhatikan aspek internal control system.

4.1. Jasa Assurance.

Jasa Assurance adalah suati pengujuan yang objektif atas suatu bukti dengan maksud untuk memberikan assessment independent yang bersifat "reasonable assurance" atas pelaksanaan risk management, control dan governance processes dalam operasional bank.

4.2. Jasa Consulting.

Kegiatan pemberian jasa konsultasi (advis) yang diberikan terkait dengan ipaya untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan risk management, control dan governance processes. Jasa konsultasi yang diberikan bersifat tidak mengikat, tanpa mengabaikan prinsip independensi, sehingga tanggungn jawab atas tindak lanjut dan konsultasi (advis) tersebut tetap pada auditee.

4.3 Jasa Fraud Detection/

DAI secara proaktif akan membantu manajemen dalam pelaksanaan antisipasi dan pendeteksian terhadap kegiatan operasional bank yang dicurigai mengandung unsur fraud.

 

5. Tanggung Jawab.

Kepala DAI dan staf DAI mempunyai tanggung jawab untuk:

5.1. Mengembangkan rencana audit tahunan yang flexible dengan risk based approcah yang tepat, termasuk risiko-risiko dan internal control system yang telah diidentifikasi oleh Manajemen, serta menyampaikan rencana audit tersebut kepada Direktur UTama untuk dimintakan persetujuannya.

5.2. Melaksanakan rencana auudit tahunan yang telah disetujui termasuk tugas-tugas khusus yang diminta oleh Manajemen dan Dewan Komisaris/Komite Audit.

5.3. Membantu melakukan investigasi terhadap kegiatan operasional bank yang dicurigai mengandung unsur fraud serta menampaikan laporannya kepada Manajemen dan Dewan Komisaris/Komite Audit.

5.4. Menyampaikan laporan hasil audit dan melakukan monitoring secara berkesinambungan atas temuan-temuan penting yang perlu ditindak lanjuti serta menyampaikan laporannya kepada Manajemen dan Dewan Komisaris/Komite Audit.

5.5. Menyusun laporan Pokok-pokok Hasil Temuan Auudit Intern per-semester dan menyampaikanm kepada Bank Indonesia setelah mendapat persetujuan dari Direktur Utama dan Komisaris Independen.

5.6. Mengembangkan stad audit melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman guna memenuhi kualifikasi yang diharapkan.

5.7. Menyampaikan laporan hasil kaji ulang ileh pihak eksternal yang memuat pendapat tentang hasil kerja DAI setiap 3 tahun.

5.8. Menyampaikan progres pencapaian rencana audit tahunan dan hasil-hasilnya serta kapasitas atau kecukupan sumber daya DAI secara periodik.

5.9. Menyiapkan ukuran0ukuran penilaian keberhasilan (performance) Audit Intern.

 

6. Kewenangan

Kepala DAI dan Staf DAI berwenang untuk:

  1. Akses yang tidak terbatas pada seluruh fungsi, catatan, data core banking, personil dan asset perusahaan.
  2. Mempunayi akses penuh dan bebas kepada Komite Audit melalui Direktur Utama
  3. Mengalokasikan sumber daya, menetapkan jadwal, memilih topik, menentukan cakupan tugas dan menetapkan teknik yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan audit.
  4. Berperan sebagai nara sumber dalam aspek pengendalian khususnya mengenai standar pengamanan yang diperlukan.

Kepala DAI dan Staf DAI tidak terlibat untuk:

  1. Melakukan tugas-tugas operasional pada unit organisasi.
  2. Memproses atau menyetujui transaksi-transaksi akuntansi dari unit organisasi diluar DAI
  3. Mengarahkan kegiatan karyawan unit organisasi yang tidak dipekerjakan oleh DAI, kecuali karyawan tersebut sedang dalam penugasandi tim audit ayaupun sedang membantu auditor intern.

 

7. Independensi

Tugas DAI dilaksanakan secara independen, yaitu DAI mampu mengungkapkan pandangan dan pemikiran serta mampu menempatkan fungsi DAI tanpa pengaruh atau tekanan dari manajemen, atau berbagai kepentingan pihak-pihak lain yang terkait dengan bank, sehingga kegiatan yang dihasilkan memiliki manfaat yang optimal bagi terselenggara dan terjaminnya kepentingan bank dan masyarakat yang merupakan bagian dari misi DAI.

Untuk itu DAI memiliki kebebasab dalam menetapkan metode, cara, teknik dan pendekatan audit yang dilakukan agar hasil audit menjadi lengkap, objektif dan terlepas dari pengaruh pertentangan kepentingan karena dibuat berdasarkan analisa yang cermat dan tidak memihak.

 

8. Profesionalisme.

Agar DAI dapat berfungsi dengan baik dan optimal, perlu diisi dengan sumber daya manusia yang profesional dan mempunayi tanggung jawab terhadap profesinya yaitu memiliki pengetahuan dalam bidang tugasnya, memiliki sikap mental dan etika yang baik, mampu melaksanakan kemahiran profesionalnya, mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas profesionalnya serta cakap berinteraksi dan berkomunikasi.

 

9. Hubungan dan Koordinasi.

1) Hubungan dengan Komite Audit.

Untuk mendukung independensi dan menjamin kelancaran audit serta wewenang dalam memantau tindak lanjut hasil audit, Kepala DAI dengan sepengetahuan DIrektur Tama dapat berkomunikasi langsung dengan Komite Audit untuk menginformasikan berbagai hal yang berhubungan dengan audit.

2) Hubungan dengan Auditor Ekstern.

Untuk kelancaran pelaksanaan tugas audit, kepala DAI dengan sepengetahuan Direktur Utama dapat mengadakan koordinasi dengan auditor ekstern dan tim audit dari Bank Indonesia.

 

10. Penutup

Dewan Komusaris atau Komite Audit berhak meminta perubahan atas Piagam Audit Intern apabila dipandang perlu untuk menampung hal-hal yang sebelumnya tidak ada atau mengurangi isi dari piagam tersebut, atau melakukan perubahan lainnya sebagai upaya penyesuaian tugas dan tanggung jawab DAI dengan perkembangan situasi dan keadaan.

Perubahan Piagam Audit Intern dilakukan dengan membatalkan piagam yang lama dan menerbitkan piagam baru yang ditanda tangani oleh Kepala Divisi Audit Intern, Direktur Utama dan Komisaris Independen.

Piagam Audit Intern ini dibuat dan ditandatangani di Jakarta ileh Kepala Divis Audit Intern, Direktur Utama dan Komisaris Independen pada tanggal 17 Desember 2013 yang menegaskan bahwa Piagam Audit Intern ini berlaku dan dipakai sebagai pedoman kerja DAI, serta membatalkan Piagam Audit Intern tertanggal 19 Desember 2007

PT Bank Yudha Bhakti Tbk

Gedung GOZCO

Jl. Raya Pasar Minggu Kav 32 Pancoran Jakarta Selatan 12780

Telp. (021) 2975-2975, 2975-2999

Fax. (021) 2975-2918

bi

ayo ke bank

lps

3p