21 June 2020

Bank Yudha Bhakti Aktif Dukung Ekosistem Digital

JAKARTA.  PT Bank Yudha Bhakti Tbk (BYB) semakin gencar melakukan tranformasi digital agar bisa melayani perkembangan gaya hidup masyarakat yang menuntut kemudahan layanan di tengah era internet saat ini. Perseroan menyadari semua sektor usaha harus go digital  agar bisa tumbuh pesat, termasuk sektor keuangan.


Salah satu bagian dari transformasi yang sudah dilakukan BYB adalah dengan menyediakan produk deposito online.  Ini merupakan produk deposito berbasis teknologi digital sehingga semua layanannya dapat diakses secara online bahkan melalui smartphone.
Dengan deposito online BYB ini, calon nasabah bisa membuka akun simpanan deposito sendiri melalui online dan tanpa harus repot-repot untuk datang ke bank mengurus berbagai persyaratannya, cukup mengunjungi website bank dan penuhi syaratnya secara online.
Dalam tranformasi digital tersebut, Bank Yudha Bhakti juga akan terus berkolaborasi dengan para pelaku ekonomi digital. Kolaborasi itu tidak hanya dilakukan dengan menjalin kerjasama channeling dengan perusahaan teknologi financial tetapi juga aktif membantu para pelaku usaha di  segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar turut go digital lewat berbagai kegiatan edukasi.


Untuk mengedukasi pelaku usaha UMKM, Bank Yudha Bhakti bekerjasama dengan Mebiso menggelar seminar online financial talk bertajuk "Maksimalkan Bisnis dengan Channel Online" pada 19 Juni 2020 yang disiarkan langsung (live)  melalui instagram @bankyudhabhakti dan @mebiso.
Seminar finansial talk tersebut menghadirkaan  Ade Fyrman Dwiputra, CEO Nabawi (Oleh-oleh Haji dan Umroh) sebagai pembicara. Ade merupakan salah satu pelaku usaha UMKM yang sudah sukses membesarkan bisnisnya dari nol dengan memanfaatkan channel online.
Ia merintis bisnisnya sejak tahun tahun 2013 dengan berpusat di Surabaya dan kini telah berkembang memiliki cabang di sejumlah daerah termasuk di Jakarta. Saat ini, penjualan Nacawi dilakukan lewat website, media sosial, dan sejumlah platform marketplace.
Menurut Ade, penjualan online merupakan salah kunci utama untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Bahkan, di tengah pandemi Covid-19 yang mendorong pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hanya pelaku UMKM berbasis online yang bisa bertahan. "Jadi buat yang ingin masuk ke bisnis online, silahkan masuk sekarang. Peluangnya masih sangat besar," kata Ade.


Besarnya peluang dari penjualan online tercermin dari perkembangan e-commerce. Rata-rata pertumbuhan e-commerce mencapai 25% per tahunnya.
Sementara dari 7,2 juta pelaku UMKM yang ada di Indonesia, sebanyak 36% sudah melakukan penjualan melalui media sosial seperti Instagram. Para pelaku UMKM yang menggunakan platform online rata-rata mencatatkan peningkatan omset yang cukup signifikan dibandingkan hanya mengadalkan cara konvensional.

Berkaca dari pengalaman suksesnya, Ade membagikan langkah-langkah yang harus persiapan untuk memulai usaha secara online. Pertama, lakukan riset terkait produk apa yang dibutuhkan konsumen saat ini tetapi belum banyak digarap.  Jika memang pemainnya sudah ada, lakukan pengecekan harga untuk melihat apakah anda bisa masuk ke bisnis itu dengan menawarkan harga lebih miring.


Kedua, kalau sudah diputuskan masuk ke bisnis apa maka selanjutnya foto yang akan dijual. Kunci sukses awal berjualan online terletak pada kualitas foto. Oleh karena itu harus dipastikan foto produk yang akan dijual tampil apik dan menawan. "Selalu cek tampilan foto jualan para kompetitor yang paling laris. Kita bisa meniru sudut pandang foto tersebut," jelas Ade.  


Dengan dua cara itu, kata Ade, bisnis sudah bisa dimulai. Selanjutnya untuk memacu penjualan, bisa melakukan strategi promosi dan itu bisa dilakukan secara gratis dengan memanfaatkan media sosial.
Langkah itulah yang dilakukan Ade sebelum merintis Nabawi meskipun sebelumnya ia tidak memiliki latarbelakang bisnis. Ia awalnya adalah programmer dan sering menggarap proyek pembuatan website sejumlah pelaku usaha UMKM. Dengan srategi itu, ia sukses dengan bisnis Oleh-oleh Haji dan Umrohnya.
Setelah sukses dan meraup untung, pebisnis online tentu membutuhkan instrumen untuk menyimpan dananya. Produk deposito Bank Yudha Bhakti bisa menjawab kebutuhan tersebut. Tidak hanya sebagai penyimpanan dana yang mudah diakses, tetapi juga menawarkan bunga tinggi bagi nasabah.


Bank Yudha Bhakti saat ini menawarkan bunga cukup tinggi untuk produk program depositonya dengan suku bunga sampai dengan 10%. Kemudian, Bank ini juga menawarkan tabungan setara deposito dengan bunga sampai dengan 5,75%.
Untuk informasi lebih lanjut bisa diakses melalui website Bank Yudha Bhakti atau layanan Web Deposito Online melalui www.deposito.haybyb.com dan instagram @bankyudhabhakti.

PT Bank Yudha Bhakti Tbk

Gedung GOZCO

Jl. Raya Pasar Minggu Kav 32 Pancoran Jakarta Selatan 12780

Telp. (021) 2975-2975, 2975-2999

Fax. (021) 2975-2918

bi

ayo ke bank

lps

3p